Headlines News :
Home » » Etika Ber E-mail

Etika Ber E-mail

Written By Unknown on Tuesday 4 June 2013 | 09:07


komunikasi lewat surat elektronik (e-mail) sekarang ini sudah banyak dinikmati masyarakat luas. banyak orang memanfaatkan fasilitas ini karena murah dan cepat. selain itu manfaat lain yang bisa didapat dengan membuat e-mail adalah dapat melakukan komunikasi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga dan lain-lain tanpa terhalang oleh jarak dan tepat. 

E-mail adalah salah-satu surat elektronik dengan beberapa fasilitas yang memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya. 

sebagai sarana komunikasi email memiliki etika atau tata krama yang harus kita lakukan agar dalam mengirim email tidak mengganggu orang lain dan diri kita sendiri. 

Adapun etika berkirim email tersebut adantara lain seperti dibawah ini:
  • Apabila kita ingin mem-forwards email sebaiknya kita menghapus dahulu tanda atau kata-kata yang sering muncul
  • ganti `Subject` atau judul e-mail agar si penerima email dapat mengetahui judul email tersebut dan agar tidak tertukar antara email sebelumnya dengan email baru yang mungkin mempunyai topic yang berbeda.
  • hapus pesan `Reply` yang dianggap tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila kita sedang membalas atau me-reply-nya. Sebaiknya kita menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar dianggap perlu saja.
  • Menjaga privacy orang lain, Bila kita ingin mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, kita harus menggunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak ketahuan.
  • Jangan pernah melakukan spam. Mungkin kita tidak sengaja melakukan spam ini, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
  • jangan menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai tanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.
  • sabar dalam menunggu balasan dari orang lain. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali
  • tidak semua orang senang menerima segala yang kita anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forward-kan.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

ARTIKEL TERBARU

Recent Posts

VIDEO

Penutupan Diklatnas Kamtibmas dan Telematika
 
Support : Senkom Mitra Polri Publish By Jabar 03.09.2
Copyright © 2013 SENKOM - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger